Cara Tingkatkan Keamanan Gmail - InetKece - Internet Terkece

InetKece - Internet Terkece

Internet Edukasi , Tips , Tekno , Berita , Catatan , Download , Tutorial

Rabu, 30 Desember 2015

Cara Tingkatkan Keamanan Gmail

Asalamualikumm .wr.wb


Sebagian dari kita mungkin tidak terlalu memerhatikan keamanan email, termasuk Gmail. Padahal, kerentanan atas keamanan email ada di beberapa hal.

sambil mengisi waktu luang langsung saja "Cara Tingkatkan Keamanan Gmail"
.

  1. Mengenkripsi Email

    Setiap kali Anda ingin meningkatkan keamanan, enkripsi selalu menjadi hal pertama yang harus Anda pertimbangkan. Enkripsi Gmail Anda, jika ada yang menguping di koneksi Anda, sehingga para penguping itu tidak akan dapat memahami apa yang mungkin berhasil mereka kumpulkan.

    Di web, koneksi biasa berlangsung melalui HTTP, sedangkan koneksi terenkripsi berlangsung melalui HTTPS. Tidak semua situs web menawarkan koneksi HTTPS, tapi untungnya Gmail tidaklah demikian lantaran Google menganggap enkripsi menjadi begitu penting, sehingga Gmail berjalan melalui koneksi HTTPS.

    Selain itu, Google baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka akan menerapkan sebuah peringatan Gmail, yang memberitahu pengguna setiap kali sebuah email diterima melalui koneksi yang tidak terenkripsi. Email tersebut dapat dengan mudah dibajak dan atau diubah.

    Di sini Anda juga disarankan mengambil langkah-langkah ekstra untuk benar-benar melindungi informasi Anda. Misalnya, sebaiknya Anda tidak hanya mengenkripsi koneksi, tetapi juga mengenkripsi pesan email Anda.

    Mailvelope adalah salah satu alat (tool) populer yang dapat melakukan tugas ini bagi Anda. Ekstensi di Chrome ini terintegrasi langsung ke Gmail (serta GMX, Outlook, Yahoo, dan beberapa email provider lainnya) dan menyederhanakan proses enkripsi dan dekripsi email.
  2. Mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah
    Berikutnya adalah mengaktifkan verifikasi dua langkah (two-step verification), yang juga dikenal dengan istilah autentikasi dua faktor (two-factor authentication). Fitur sederhana yang hanya membutuhkan sedikit usaha ini, dapat langsung meningkatkan keamanan akun email Anda hingga dua atau tiga kali lipat.

    Verifikasi dua langkah berarti bahwa Anda harus mengaktifkan dua bentuk verifikasi untuk bisa masuk (login) ke akun Anda. Yang pertama adalah kata sandi akun (password account) Anda yang biasa, dan yang kedua adalah kode verifikasi yang dikirim ke ponsel Anda.

    Dengan kata lain, jika seseorang ingin meretas akun Anda, ia tidak hanya harus memiliki kata sandi Anda, tetapi juga harus mempunyai ponsel Anda. Berikut cara utnuk mengaktifkan verifikasi dua langkah :

    - Buka ikon profil Anda di bagian kanan atas dari Gmail dan klik "My Account".
    - Di bawah "Sign-In & Security", pilih "Signing Into Google".
    - Di bawah "Password & Sign-In Method", pilih "2-Step Verification".
    - Masukkan nomor telepon Anda dan pilih metode verifikasi.
  3. Gunakan Incognito Mode

    Saat ini lebih umum mengakses email dengan perangkat mobile ketimbang komputer bersama, tetapi komputer bersama juga masih cukup banyak digunakan, misalnya di perpustakaan, kafe internet, atau bahkan di laptop teman.

    Namun jika Anda tidak cermat, mungkin Anda tidak sengaja tetap masuk di akun Gmail Anda di komputer bersama, dan karena itu Anda baru saja membiarkan diri Anda rentan terhadap orang-orang yang berpotensi berbahaya. Sebab orang-orang asing yang menggunakan komputer bersama di perpustakaan, misalnya, benar-benar bisa menimbulkan masalah bagi Anda.

    Itulah sebabnya mengapa setiap kali Anda masuk ke Gmail di komputer bersama, Anda harus selalu menggunakan Incognito Mode. Adapun di peramban selain Chrome, Incognito Mode dikenal juga dengan istilah modus privat (private mode).

    Lebih lanjut, sebetulnya terdapat beberapa alasan untuk menggunakan modus privat, tapi yang paling penting adalah, secara otomatis Anda akan keluar dari apa pun yang Anda buka, setiap kali jendela privat ditutup.
  4. Gunakan Kata Sandi Unik

    Apakah Anda tahu, apa metode membobol kata sandi yang paling umum digunakan oleh para peretas saat ini? Jawabannya, sebagian besar kata sandi yang digunakan oleh orang-orang biasa sangat mudah untuk dibobol. Dengan demikian masih ada celah bahwa kata sandi Anda jauh lebih lemah daripada yang Anda kira.
  5. Periksa Riwayat Aktivitas AkunDi bagian paling bawah dari antarmuka web Gmail, ada teks kecil mencolok yang mengatakan "Last Account Activity", yang memberi tahu Anda mengenai aktivitas terakhir di akun Anda. Klik pada tautan "Detail" dan akan ada jendela yang muncul, lengkap dengan daftar 10 alamat protokol internet terakhir yang mengakses akun Anda.

    Jika Anda memeriksa riwayat sesi ini sekali per minggu atau lebih, Anda dapat mengawasi aktivitas yang berpotensi mencurigakan. Sebagian besar catatan akan berasal dari alamat protokol internet Anda sendiri, dan sesekali Anda juga akan melihat alamat protokol internet dari sebuah aplikasi pihak ketiga yang berwenang. Namun jika Anda melihat sesuatu yang sama sekali berbeda, mungkin ada pihak lain yang mengakses akun Anda.

    Di bagian bawah, Anda dapat mengaktifkan preferensi peringatan yang akan menunjukkan peringatan setiap kali Google menentukan kegiatan tertentu sebagai kegiatan yang tidak biasa. Juga di bagian atas, Anda bisa 'memaksa' semua sesi pada akun Gmail Anda untuk keluar dengan mengklik "Sign out all other web sessions."


    Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan Smoga bermanfaat ..
    Kunjungi terus Farlee Blog
    Wassalamualikum Wr.wb

4 komentar:

  1. ini nih,pernah kejadian gmail ane kena,makasih info nya

    BalasHapus
  2. wah makasih gan.. semoga gmail gue bakal aman aman aja

    BalasHapus
  3. repot kalau verifikasi 2 langkah harus masukin kode yang dikirim hp

    BalasHapus